5 Sifat Boss yang harus Dimiliki

5 Sifat Boss yang harus Dimiliki

Tulisan ini muncul dari pertanyaan beberapa bisnis owner yang usahanya sedang tumbuh, sudah punya karyawan, tapi masih bingung dalam bersikap. Jawaban dari pertanyaan ini tentu relatif, makanya Kami menjawab dengan versi Kami sendiri. Boss yang baik harus mempunyai multidimensi karakter yang bisa menyesuaikan sikap terhadap karyawan & setiap permasalahan yang terjadi. Ini beberapa sifat & karakter yang harus dimiliki.

1. Boss sebagai Orang Tua

Pimpinan harus bisa memperlakukan karyawan dengan landasan budi pekerti yang baik. Kalaupun harus marah, maka kemarahan yang muncul tidak berlandaskan benci, tapi berlandaskan kasih sayang untuk membenarkan apa yang salah.

2. Boss sebagai Sahabat

Pimpinan harus tau apa permasalah yang dialami karyawan, mendengarkan apa keluhan mereka, dan membantu sebisanya.

3. Boss sebagai Pemimpin

Pimpinan harus bisa memanage setiap job desc, mereview pekerjaan, memberikan kewajiban berupa gaji dan bonus (jika prestasi karyawan memang memuaskan).

4. Boss sebagai Guru

Pimpinan harus mau berbagi ilmu, cerita inspiratif, dan skill yang dibutuhkan, sehingga karyawan semakin matang ilmunya.

5. Boss sebagai murid

Pimpinan harus mau belajar dan mendengarkan ilmu- ilmu baru yang berasal dari karwayannya, karena tidak ada manusia yang menguasai semua hal, maka Kita harus selalu membuka mata dan pikiran agar siap menerima hal- hal baru.

 

Dengan kelengkapan sikap itu, team akan solid dan semoga bisnis yang dijalankan juga akan melejit.

About Miftakhur Riza

Pembelajar masa silam, Petarung masa sekarang, Penyiap masa depan

View all posts by Miftakhur Riza

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *