Berbagi Kisah Inpirasi untuk Alumni SMP Negeri 13 Magelang

Apa Itu Sukses

Reuni untuk Angkatan kami (2005) alumni SMP Negeri 13 Magelang bisa dibilang jarang, karena kesibukan pekerjaan masing- masing. Apalagi banyak yang sudah tinggal di luar Kota. Januari 2019 ini diadakan reuni pertama untuk angkatan 2005. Saya sudah di call 2 bulan sebelum acara ini untuk berbagi success story. Saya tentu kaget, karena saya sama sekali belum sukses (menurut definisi kebayakan orang pada umumnya). Saya menolak berkali- kali, tapi karena memang tidak ada yang mau jadi penggantinya, ya apa boleh buat. Saya terima.

Perjalanan hidup saya dari SD, SMP, SMA semua termasuk biasa- biasa saja. Bukan orang pintar, tapi tidak terlalu bodoh, karena dari dulu saya tidak pernah percaya dengan nilai ujian. Fokus saya adalah bagaimana belajar dengan baik dan memahami ilmu yang disampaikan. Perubahan hidup saya terjadi saat saya memutuskan untuk pindah kuliah di UGM Yogyakarta. Waktu itu saya saya disewakan kost yang cukup mewah oleh orang tua, tapi saya tinggalkan. Saya lebih memilih tidur di Masjid untuk melatih hidup yang lebih prihatin. Hasil ilmu yang saya pelajari di kampus mulai saya aplikasikan ke banyak proyek (waktu itu terhitung 86 proyek saya kerjakan dalam 2 tahun). Uang hasil kerja sambilan saya waktu masih kuliah saya alokasikan untuk membeli properti dan invest ke bisnis lain.

Jika sukses itu harus punya istri cantik, mobil mewah, rumah yang megah, dan jabatan yang elit, tentu kesuksesan hanya dipegang oleh segelintir orang. Menurut saya, tugas manusia itu bukan untuk sukses. Tapi untuk terus berjuang dan menjadi orang yang bermanfaat. Jika ada yang belum menikah, maka tugasnya ialah terus berjuang untuk mendapatkan jodoh yang pas, Jika ada yang belum mempunyai pekerjaan, maka tugasnya adalah terus berjuang mendapatkan pekerjaan yang halal. Jika ada yang masih kuliah, maka tugasnya ialah berjuang agar segera wisuda.

Masalah nanti ujungnya belum dapat jodoh, belum dapat pekerjaan, dan belum lulus kuliah, ya berarti itu kehendak Tuhan. Intinya jangan mengejar hasil, tapi berjuanglah sekuat tenaga untuk hidup yang lebih baik, sehingga sukses itu menjadi milik siapapun orang yang hidupnya mau untuk terus berjuang untuk lebih baik

Tugas kita di Dunia bukan untuk berhasil, tapi untuk terus berjuang tanpa henti demi kehidupan yang lebih baik dalam konteks versi Tuhan.

Sehingga kesuksesan menjadi milik semua insan yang mau terus berjuang di jalanNya hingga habis tenaga & tutup usia.

 

About Miftakhur Riza

Pembelajar masa silam, Petarung masa sekarang, Penyiap masa depan

View all posts by Miftakhur Riza

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *