Strategi Supply Traffic ke Toko Online

Strategi Supply Traffic ke Toko Online

Traffic atau pengunjung yang datang ke online shop (toko online) adalah salah satu hal yang sangat penting. Traffic bisa diibaratkan nutrisi makanan yang diperlukan tubuh kita. Tanpa adanya supply traffic menuju toko online kita, maka tidak akan ada penjualan, dan online shop bisa mati. Memilih dan menentukan traffic ke online shop harus disesuaikan dengan kemampuan, kebutuhan, dan keuangan Kita. Jangan sampai biaya bengkak di sumber traffic tanpa menghasilkan penjualan.

Pemilihan situs- situs yang ramai bisa Kita lihat dulu di Alexa.com , terutama sumber traffic terbesar di Indonesia. Bisa cek di : https://www.alexa.com/topsites/countries/ID

 

Berikut beberapa jenis traffic dan sumbernya :

1. Traffic Gratis (Free Traffic) : tanpa biaya iklan, sifat iklannya pasif (nunggu calon merespon), dan susah dikontrol

Contoh :

  • Posting manual di status facebook dan group- group jual beli
  • Posting manual di status instagram dan pakai hastag
  • Posting vidio produk di Youtube
  • Pasang iklan forum gratis (kaskus, olx, tokopedia, bukalapak, shopee, blibli, qlapa)
  • Posting brosur PDF di academia.edu , calameo.com, scribd.com , issuu.com)
  • SMS blasting
  • WA blasting

 

2. Traffic Berbayar (Paid Traffic) : ada biaya iklan, sifat iklannya aktif (mengejar calon konsumen), dan mudah dikontrol

Contoh :

  • Facebook Ads
  • Instagram Ads
  • Top Ads Tokopedia
  • Promoted Push Bukalapak
  • Promo Iklan Shopee
  • Sponsed Product Lazada
  • Kirim email dari hasil tangkapan autoresponder

Sesuaikan dengan kemampuan, mulailah dari yang paling mudah, dan teruslah di evaluasi hasilnya.

About Miftakhur Riza

Pembelajar masa silam, Petarung masa sekarang, Penyiap masa depan

View all posts by Miftakhur Riza

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *